Tips Membuat Video Sosial Media

Terlepas dari apapun tujuan Anda membuat konten video di sosial media, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar konten tersebut bisa hidup.

Mungkin Anda pernah mengira jika video-video yang berhasil viral di jagat maya tak lebih karena keberuntungan, tapi faktanya selalu ada pola yang bisa dipelajari.

Di artikel ini, ada 7 tips yang bisa Anda coba untuk membuat konten video sosial media Anda lebih menarik dan tentunya bisa mendekatkan kepada tujuan atau goals Anda.

Tanpa pola dan cara yang benar, kemungkinan konten video yang Anda buat akan viral sangatlah kecil, ini juga akan menurunkan semangat Anda untuk terus membuat konten nantinya.

7 Tips Membuat Video Sosial Media

Tips-tips ini sebenarnya merupakan hal-hal mendasar yang seharusnya sudah Anda pahami ketika proses pembuatan konten.

Nah, diharapkan dengan mengikuti tips-tips ini nantinya konten yang Anda buat akan lebih membius para target audience Anda.

Apalagi jika misalnya tujuan konten tersebut dibuat untuk hal bisnis misalnya pemasaran produk, promosi atau untuk funelling.

Nah berikut ini 7 tipsnya:

1. Pastikan Tujuan Video Tersebut

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah untuk apa konten video tersebut dibuat.

Apakah untuk mendatangkan view/penonton saja? Apakah untuk memancing pengguna lain mengikuti akun Anda? Atau untuk tujuan bisnis seperti promosi produk?

Mengapa hal ini penting?

Berbeda tujuan maka akan berbeda juga jenis konten video yang harus Anda buat, salah jenis konten justru akan menjauhkan Anda dari tujuan tersebut.

Misalnya, tujuan konten video yang dibuat untuk memancing pengguna lain mengikuti akun Anda…

Maka Anda bisa membuat konten video yang mampu mengarahkan mereka ke halaman profil Anda, misalnya dengan membuat video yang terdiri dari beberapa part.

Jadi, tentukan dulu apa tujuan Anda membuat konten.

2. Perhatikan Relevansi dan Nilai

Relevansi dan nilai adalah dua hal yang saling berkaitan, ketika konten video Anda relevan dengan target penonton maka secara otomatis akan memunculkan nilai juga.

Jadi rumusnya:

Konten relevan = Bernilai

Analoginya seperti ini…

Ketika Anda menyuguhkan konten video memancingkepada pengguna sosial media yang hobi memancingmaka berarti konten video tersebut relevandan akan memiliki nilaidi mata para penonton.

Jadi hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah siapa target penonton dan memikirkan konsep video yang relevan atau sesuai dengan minat mereka.

3. Pastikan Video Mudah Dipahami

Setelah menemukan tujuan dan konsep video yang sesuai dengan target penonton maka hal selanjutnya adalah membuat konten yang mudah dipahami.

Coba Anda ingat-ingat…

Pastinya Anda pernah menonton video dimana isinya sangat tidak jelas, tidak runut dan Anda sendiri bingung tentang apa sebenarnya video ini.

Nah, video yang sulit dipahami seperti itu justru akan memberikan efek negatif terhadap tujuan Anda.

Lantas, bagaimana cara agar video mudah dipahami?

  • Gunakan bahasa yang sederhana dan umum.
  • Jelaskan sedikit tentang apa tujuan video tersebut di detik-detik awal.
  • Gunakan infografis atau ilustrasi jika diperlukan.

Selain tiga hal di atas tentunya masih banyak hal lain.

Anda bisa mencoba menonton video yang tidak pernah membuat Anda bosan dan coba ambil poin-poin yang membuat Anda tidak pernah bosan menontonnya.

4. Buat Video yang Interaktif

Yang dimaksud interaktif di sini adalah adanya aksi dan reaksi, jadi usahakan untuk menciptakan efek dua arah dalam video Anda dengan para penonton.

Ini cukup mudah dilakukan, bergantung tujuan video Anda dibuat.

Misalnya jika Anda ingin memancing pengguna lain untuk mengikuti akun Anda…

Maka pastikan untuk menyisipkan ajakan kepada mereka secara verbal untuk mengikuti akun Anda di dalam video.

Atau jika misalnya video yang dibuat adalah video promosi produk…

Maka Anda bisa menjelaskan juga bagaimana tata cara pembelian produknya, atau bisa juga memberikan efek penasaran dengan menawarkan diskon dengan syarat tertentu dan lain sebagainya.

Intinya sisipkan sesuatu yang bisa memancing penonton untuk melakukan sesuatu dalam video.

5. Pastikan Video Berkualitas

Pernah mendengar istilah “Content is King”?

Pada akhirnya, inti dari semus poin yang Saya bahas di artikel ini akan ditentukan oleh kualitas video yang Anda unggah.

Kualitas video ini tidak hanya sebatas pada tingkat kejernihan video ataupun suara, namun termasuk juga tekhnik editing yang digunakan.

Sebenarnya, untuk membuat video yang berkualitas saat ini tidak terlalu sulit, bahkan untuk Anda yang tidak memiliki skill editing sama sekali.

Anda bisa menggunakan video editor untuk mengedit video Anda yang sangat mudah untuk digunakan.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak bisa membuat video yang berkualitas.

6. Berkolaborasi

Jika Anda ingin konten yang dibuat bisa menjangkau banyak pengguna dalam waktu singkat maka kolaborasi bisa menjadi jalan terbaik.

Tentu dengan syarat yang Anda ajak berkolaborasi merupakan figur yang sudah banyak dikenal publik, bisa dilihat dari jumlah followers akun sosial medianya.

Namun, biasanya untuk bisa mengajak seorang public figur berkolaborasi tentu Anda harus mengeluarkan biaya.

Jadi pastikan biaya yang dikeluarkan lebih kecil dari potensi hasil yang Anda inginkan.

7. Mengikuti Tren

Membuat konten video yang sesuai dengan tren masa kini juga salah satu cara agar konten Anda bisa dengan cepat menjangkau banyak pengguna.

Tapi tentunya Anda harus memilih tren yang ada hubungannya dengan tema video yang dibuat sehingga tidak terkesan maksa dan tidak menarik.

Untuk mengetahui tren yang sedang berlangsung Anda bisa memantau hashtag yang sedang populer di berbagai platform sosial media.

Jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai tips membuat video sosial media yang menarik.