Media Sosial

7 Cara Agar Video di TikTok Masuk FYP, Auto Viral!

Yup! FYP atau ForYourPage bisa dikatakan sebagai puncak keberhasilan para pengguna aplikasi TikTok, masuk di menu ini akan membuat konten yang dibuat viral dan trending tentunya.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara agar video Anda bisa masuk ke jajaran FYP? Dan berdasarkan apa TikTok memilih konten yang masuk di menu tersebut?

Di artikel ini Saya akan mencoba memberikan tips yang bisa Anda coba supaya konten yang Anda buat bisa masuk FYP dengan cepat

Yang harus Anda ketahui adalah, ada algoritma yang berperan dibalik pemilihan konten FYP, jadi jika Anda terus-terusan asal dalam membuat konten tanpa melihat dan mempelajari algoritma maka akan sia-sia saja.

Sekilas Mengenai Algoritma FYP TikTok

Seperti yang sudah Saya singgung sedikit di awal, untuk memilih konten mana yang akan ditempatkan di FYP, TikTok menggunakan algoritma.

Nah artinya Anda bisa melakukan sesuatu atau bahasa kerennya optimasi terhadap konten yang dibuat agar bisa memenuhi standar algoritma tersebut dan pada akhirnya akan muncul di FYP.

Memang sih, tidak ada yang mengetahui pasti bagaimana standar algoritma yang dijalankan, namun secara garis besar Anda bisa mengikuti tips yang Saya bahas di artikel ini.

Cara Optimasi Konten Agar Masuk FYP TikTok

Melakukan optimasi memang tidak menjamin konten Anda akan langsung masuk FYP, namun setidaknya akan memperbesar peluang.

Yang jelas, jika Anda tidak melakukan optimasi maka peluang bisa masuk FYP sangat kecil, mengingat persaingan saat ini yang sudah sangat ketat.

Nah, apa saja optimasi yang sebaiknya dilakukan? Simak pembahasan di bawah ini:

1. Durasi Konten

Di TikTok, durasi video konten yang paling ideal adalah 15 detik, apa alasannya?

Dengan membuat video yang pendek maka konten Anda akan berpeluang ditonton secara penuh, berbeda dengan konten berdurasi panjang biasanya jarang yang mau menonton secara penuh (kecuali konten Anda super duper amazing).

Nah, banyak yang berpendapat jika konten yang ditonton secara penuh oleh user akan dianggap algoritma sebagai konten berkualitas, yang artinya akan berpeluang besar masuk ke FYP.

2. Pemilihan Backsound

Pemilihan backsound konten yang tepat juga akan memberikan peluang lebih besar konten Anda masuk ke FYP.

Lantas kriteria lagu/musik seperti apa yang sebaiknya digunakan?

  • Gunakan lagu yang sedang trending.
  • Gunakan lagu yang disukai para followers.

Nah, jadi mulai sekarang pastikan untuk memilih backsound yang sedang hits dan tentunya yang sesuai dengan konteks video Anda.

3. Perhatikan Caption

Seperti yang Anda ketahui, TikTok adalah media sosial dengan basis konten utama berupa video.

Bukan berarti caption text tidak diperlukan, hanya saja tidak terlalu tepat saja jika Anda menggunakan caption yang panjang layaknya essay.

Nah, ada baiknya Anda menggunakan caption pendek yang memancing rasa penasaran, misalnya dengan menggunakan caption lelucon atau kontekstual seperti “Part 1“, “Jadi apa ya?“.

4. Riset Hashtag

Nah, mirip seperti Instagram, Twitter dan media sosial lain, di TikTok hashtag juga memiliki peranan yang sangat penting.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menemukan hashtag yang potensial, salah satu ciri hashtag yang potensial adalah ramai dan banyak dicari pengguna.

Cara paling sederhana untuk menemukan hashtag yang potensial adalah melalui menu Discover, bagaimana caranya? Hanya dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok lalu buka tab Discover.

  • Anda akan menemukan banyak sekali hashtag, seperti pada gambar di bawah ini:

Nah, setelah menemukan deretan hashtag tugas Anda adalah mencari hashtag yang terdapat ikon api, hashtag yang terdapat ikon api tersebut merupakan hashtag yang sedang trending.

Silahkan cari hashtag trending yang relevan atau sesuai dengan konten Anda, lalu pasang hashtag tersebut di konten milik Anda.

5. Gunakan Fitur Lokasi

Selain menggunakan parameter engagement atau interaksi, konon TikTok juga menyajikan konten di FYP berdasarkan lokasi.

Misalnya Anda berlokasi di Jakarta, maka TikTok akan menyajikan konten di FYP dengan tagging lokasi yang tidak jauh dari si pengguna tersebut.

Nah, untuk itu sebaiknya Anda menyertakan tag lokasi ketika membuat konten agar bisa lebih mudah dijangkau pengguna dengan lokasi dekat Anda.

6. Analisa Waktu Aktif Follower

Menganalisa waktu aktif followers Anda sangat penting, ini berkaitan dengan perkembangan konten baru Anda.

Di TikTok, Anda diberikan fitur analytic yang memungkinkan Anda untuk menganalisa kapan konten Anda banyak dilihat followers.

Nah, setelah mendapatkan data kapan waktu dimana followers paling banyak menonton konten Anda maka kedepan sebaiknya Anda mengunggah konten baru di jam tersebut.

Sama seperti di media sosial lain, di TikTok pun ada yang namanya Prime Time  yang mana jika Anda mengupload konten baru pada jam Prime Time tersebut maka akan bisa dengan cepat menjangkau pengguna.

7. Last but not least “Content is King”

Yang jelas, TikTok akan menempatkan sebuah konten di jajaran FYP ketika konten tersebut dinilai sebagai konten yang berkualitas.

Ukuran konten berkualitas memang relatif, namun ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan patokan, apa itu?

Engagement atau interaksi, semakin banyak interaksi yang terjadi di sebuah konten maka bisa dikatakan bahwa konten tersebut berkualitas.

Nah, dengan membuat konten yang berkualitas maka kemungkinan interaksi yang terjadi di konten Anda akan sangat besar, dengan begini maka peluang masuk FYP akan semakin besar.

Bagaimana? Menarik bukan?

Jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai cara agar bisa masuk ke FYP TikTok.