Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Bot Telegram Keren Paling Berguna

Salah satu kelebihan Telegram dibandingkan dengan platform lain adalah adanya fitur bot, ada banyak sekali bot keren yang sangat berguna untuk berbagai keperluan.

Misalnya saja, ada bot bernama werewolf  yang bisa Anda gunakan untuk bermain game, ada juga bot yang berfungsi untuk melakukan chat dengan pengguna lain secara anonim baik untuk sekedar curhat atau bahkan cari jodoh pun bisa.

Nah, di artikel ini Saya akan memberikan rekomendasi daftar bot Telegram terbaik dan terbaru yang patut untuk Anda coba.


Apa Itu Bot Telegram

Apakah Anda sudah tau apa sebenarnya bot Telegram? Darimana berasal dan siapa yang membuatnya? Jika belum, ada baiknya Anda membaca penjelasan di bawah ini.
Pada dasarnya, bot Telegram juga merupakan sebuah akun. Hanya saja akun tersebut dijalankan oleh sistem AI yang sudah diprogram untuk melakukan suatu tugas secara mandiri sesuai perintah yang diberikan pengguna.

Lalu siapa saja yang bisa membuat bot Telegram?

Telegram menerapkan Open API yang berarti siapa saja bisa menciptakan bot, asalkan memahami sedikit saja tentang pemrograman.

Sebab, untuk menciptakan sebuah bot Telegram sebenarnya bisa dilakukan tanpa koding sekalipun.

Cara Menggunakan Bot Telegram

Belum tau bagaimana cara menggunakan bot Telegram? Saya akan memberikan contoh pada pembahasan di bawah ini.

Pada contoh ini Saya akan menjalankan sebuah bot yang berfungsi untuk melakukan chat secara anonim dengan pengguna lain.

Silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram, buka kolom pencarian lalu masukkan nama bot (di contoh ini nama botnya adalah Anonymous Chat).
  • Pilih akun bot yang muncul di hasil pencarian.
  • Anda akan dibawa ke halaman chat, di sinilah Anda bisa memasukkan beragam perintah dengan berbagai fungsi yang tersedia.

Misalnya saja Anda ingin mencari partner chat (perintahnya /search) maka kirimkan saja chat dengan text /search dan bot akan langsung mencarikan partner chat untuk Anda.

Untuk menggunakan bot lain caranya sama saja, hanya ada perbedaan pada kode perintah dan fungsinya.

Kumpulan Bot Telegram Keren

Nah, berikut ini Saya berikan kumpulan bot Telegram yang patut untuk Anda coba:

1. BotFather (@botfather)

BotFather adalah sebuah bapak dari semua bot yang ada di Telegram, fungsi bot ini adalah untuk menciptakan bot lain. 

Jadi ketika pengguna hendak menciptakan bot baru maka bisa menggunakan bantuan bot satu ini. Bot ini juga dijuluki sebagai 'The God Father'.

2. OffersMobile (@offertemobile_bot)

Bot Offers Mobile berguna untuk memberikan Anda segala informasi terbaru mengenai tarif bergai hal, bisa operator seluler dan lain sebagainya.

Anda juga akan mendapatkan suguhan informasi penawaran yang ada di pasar. Bot ini cukup bagus untuk Anda yang seorang bussiness man.

3. TheLolBot (@gastabot)

Anda sering gabut dan bosan? Nah, bot satu ini akan selalu menyuguhkan konten hiburan kocak dan lucu kapanpun Anda membutuhkannya.

Anda bisa menikmati konten berupa gambar meme, video, cerita lucu dan lain sebagainya.

4. Bot Open Map (@openmap_bot)

Bot Open Map berfungsi untuk melihat peta dar dalam aplikasi Telegram, cara menggunakannya pun sangat mudah yakni Anda cukup mengetikkan nama lokasinya saja.

Anda bisa melakukan zoom in maupun zoom out layaknya Anda sedang menggunakan aplikasi map seperti Google Map.

5. AndyLearnEnglish (@andyrobot)

Sedang mencari alternatif yang asik untuk belajar bahasa Inggris? Bot satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Melalui bot ini Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan melakukan chat, mini game dan bahkan Anda bisa melihat progress kemampuan Anda.

6. WAIT (@WhatAnimeBot)

Anda seorang WIBU dan sering dibuat penasaran dengan judul anime namun hanya memiliki modal gambar atau screenshot? Bot ini adalah solusi terbaik untuk Anda.

WAIT merupakan akronim dari What Anime is This, jadi fungsi bot ini akan mencarikan judul anime dengan modal gambar yang Anda miliki.

7. Function Bot (@FunctionRobot)

Sesuai namanya, Function Bot merupakan bot multi fungsi yang memiliki banyak sekali kegunaan.

Anda bisa memendekkan link, mengubah text ke suara, mengecek data who is domain, melakukan ping, membuat dan men-scan kode qr dan masih banyak lagi fungsi lain.

8. Bot Adzan ID (@ID_AzanBot)

Dengan bot adzan Anda bisa mendapatkan informasi akurat mengenai waktu sholat, sumber informasi yang diberikan bersumber langsung dari Kementerian Agama RI., jadi dijamin akurat.

9. Anonymous Chat Bot (@TalkBot)

Bot ini adalah bot yang Saya gunakan dalam contoh cara menggunakan bot Telegram di bagian atas.

Sesuai namanya, bot ini berguna untuk melakukan chat dengan pengguna lain secara random dan anonim.

Artinya, Anda dan lawan bicara tidak mengenal satu sama lain. Bot ini cocok untuk Anda yang sedang mencari teman curhat atau bahkan mencari jodoh.

10. BagiBuku Bot (@bagibuku_bot)

Melalui bot satu ini Anda bisa mendapatkan banyak sekali bahan bacaan berupa ebook, biasanya berupa ebook buku dengan judul yang sudah populer dengan beragam genre.

Cara Mencari Bot di Telegram

Daftar bot yang Saya rekomendasikan di atas hanyalan sebagian kecil dari banyak bot yang ada di Telegram.

Nah, jika Anda ingin menemukan bot yang lain caranya pun sangat mudah.

Anda cukup buka saja sheet ini: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1uQP3f2bWuPapTn_1FUcL67jW9MwLzSjysji39pmyUxY/edit#gid=2104461983.

Di dalam sheet tersebut Anda akan menemukan semua bot yang ada di Telegram lengkap dari yang pertama kali dibuat hingga yang terbaru.

Lengkap dengan fungsinya masing-masing dan nama pengguna si penciptanya.

Jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai kumpulan bot Telegram.