Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cover Wattpad yang Bagus dan Menarik

Khususnya pemula, banyak yang masih belum begitu menguasai cara membuat cover untuk cerita novel Wattpad yang bagus dan menarik.

Padahal peranan gambar sampul ini sangat penting, salah satunya adalah agar bisa mendapatkan banyak pembaca dengan cepat.

Sebenarnya, untuk membuat sebuah gambar cover sendiri tidak harus rumit, banyak yang membuat cover sangat simpel namun tetap keren dan menarik.

Kebanyakan mengalami kendala pada saat mencari bahan mentahan dan juga menentukan jenis font yang cocok.

Nah, di artikel ini Saya berikan tutorial lengkap untuk Anda. Tutorial ini tidak memerlukan skill editing tingkat tinggi dan bisa dilakukan cukup dengan aplikasi di hp saja.

Gambar contoh cover Wattpad

Di atas adalah satu contoh cover Wattpad yang menurut Saya cukup menarik meskipun dari segi konsep sangat sederhana.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Cover Wattpad

Ada beberapa hal dasar yang harus Anda pahami agar cover yang dibuat nanti bisa bagus dan terlihat menarik.

Ini hanya sekedar hal mendasar namun sangat penting untuk dipahami, khususnya jika Anda pemula dengan skill editing yang sangat kentang.

Apa saja hal yang harus diperhatikan?

1. Gunakan Gambar dengan Ukuran yang Tepat

Poin pertama ini sangat penting namun seringkali tidak diperhatikan, akhirnya cover di Wattpad menjadi tidak menarik dilihat.

Lalu berapa sih ukuran gambar cover Wattpad yang benar?
Ukuran cover Wattpad yang tepat adalah 768x1200 pixels, 512x800 pixels atau 256x400 pixels, yang paling pas dari 3 pilihan ukuran tersebut adalah 256x400 pixels.

Pastikan nanti Anda menggunakan ukuran gambar yang sesuai standar di atas agar hasilnya bagus dan enak dipandang.

 2. Gunakan Gambar dengan Kualitas Tinggi

Poin kedua ini berhubungan dengan estetika, jika Anda menggunakan gambar dengan kualitas rendah maka hasilnya ketika diunggah akan blurr dan sangat tidak menarik dipandang.

Untuk itu, selalu gunakan gambar dengan kualitas tinggi. Meskipun ketika diunggah nanti akan dikompress otomatis oleh aplikasi, namun hasilnya akan tetap jauh lebih bagus dibandingkan jika Anda menggunakan gambar dengan kualitas rendah.

3. Pastikan Konsep Cover Sesuai dengan Genre Tulisan

Bagian ini sebenarnya hanya Anda yang tahu, namun juga sangat penting dan agar cover dengan tulisan terkesan nyambung.

Misalnya saja tulisan yang dibuat bergenre Romace maka buatlah konsep dengan kesan hangat, misalnya dengan menggunakan warna dominan pink.

Atau misalnya tulisan Anda bergenre horor, maka gunakan konsep dengan kesan menyeramkan, bisa menggunakan warna dominan gelap atau font merah darah.

4. Tentukan Karakter yang Akan Dimunculkan di Cover

Agar lebih mudah, gunakan saja karakter utama untuk dimunculkan di cover. Namun, usahakan pemilihan gambar karakter sesuai dengan watak karakter di dalam cerita.

Misalnya di dalam cerita, karakter utamanya adalah seorang gadis dengan watak yang periang, murah senyum. Maka gunakan gambar karakter yang menggambarkan watak tersebut.

Cara Membuat Cover Wattpad di Canva

Nah, jadi di tutorial ini untuk membuat cover Wattpad cukup dengan menggunakan Canva saja. Apa alasan Saya menggunakan Canva?

Dengan platform ini Anda tidak perlu pusing melakukan editing manual seperti ketika menggunakan aplikasi lain.

Anda tidak perlu memusingkan gambar mentahan, konsep, paduan warna dan lain sebagainya yang akan membuat Anda pusing tujuh keliling.

Ada ratusan template cover Wattpad yang disediakan oleh Canva dan Anda cukup drag n drop saja untuk membuatnya lebih menarik.

Cara ini bisa dilakukan melalui hp baik menggunakan aplikasi Canva atau melalui website, namun di contoh ini kebetulan Saya menggunakan Laptop.

Bagaimana caranya? Silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:
  • Pastikan Anda sudah memiliki akun Canva, jika belum silahkan buat terlebih dahulu di alamat: Canva.com.
  • Sudah memiliki akun? Silahkan buka halaman pembuatan cover Wattpad di Canva dengan alamat: https://www.canva.com/design/DAEJ1mKkiEg.
  • Di tahap ini silahkan pilih template yang sesuai dengan genre tulisan yang dibuat. Misalnya Saya ingin membuat cover untuk tulisan dengan genre horor seperti pada gambar di bawah ini:
  • Template akan otomatis masuk ke dalam kanvas, seperti pada gambar di bawah ini:
  • Di tahap ini bebas Anda ingin melakukan apapun dengan berbagai tools yang disediakan, di contoh ini Saya hanya mengubah text yang menjadi judul tulisan serta pengarangnya. Hasilnya seperti ini:
  • Proses editing sudah cukup? Untuk mengunduh gambar cover yang sudah dibuat silahkan pilih tombol Unduh yang ada di bagian kanan atas lalu pilih Unduh pada menu dropdown.

Nah, berikut ini adalah gambar cover Wattpad yang dibuat tadi:


Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Gambar cover yang dibuat di Canva juga sudah sesuai dengan ukuran standar, kualitas gambar pun sangat bagus.

Rekomendasi Aplikasi Lain Untuk Membuat Cover Wattpad

Jika Anda merasa kurang leluasa ketika membuat cover melalui Canva maka bisa mencoba menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini.

Namun hampir semuanya mengharuskan Anda untuk melakukan semuanya secara manual. Mulai dari mencari gambar mentahan, membuat konsep, membuat paduan warna, memilih font.

Namun tidak ada salahnya dicoba, toh ini juga akan menambah kemampuan editing nantinya.
  • PicsArt
  • Photoshop
  • Photogrid
  • Pixlr
  • Coreldraw

Akhir Kata

Agar bisa membuat cover yang benar-benar bagus memang dibutuhkan pengalaman serta pendalaman terhadap cerita yang dibuat, terlepas dari kemampuan editing.

Yang jelas, dengan membuat cover yang sebagus dan semenarik mungkin akan bisa membuat tulisan yang Anda publish di Wattpad mendapatkan banyak pembaca.

Jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai cara membuat cover Wattpad.