Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengetahui IP Address Orang Lain (99.9% Work)

Jika Anda sedang online dan berada dalam satu jaringan publik misalnya WiFi, untuk mengetahui IP Address milik orang lain bukanlah hal yang sulit.

Tapi bagaimana jika Anda berbeda jaringan dan terpaut jarak yang jauh? Apakah sulit? Tentu saja tidak! Ada 4 cara yang bisa Anda coba untuk melakukannya.

Masalah ini umumnya dialami oleh orang yang ingin mengetahui lokasi seseorang tanpa diketahui dengan cara melacak perangkat yang digunakan.

Dalam praktiknya, agar bisa melihat alamat IP milik orang lain Anda memerlukan bantuan sosial media seperti Facebook atau WhatsApp. 

Ini hanya sekedar untuk memastikan target online saja dan menciptakan koneksi perangkat Anda dengan si target.

Nantinya, apapun perangkat yang digunakan oleh target baik Hp Android, Laptop maupun Komputer tetap akan bisa diketahui IP Addressnya.


1. Cara Mengetahui IP Address Orang Lain Melalui Situs IPLogger.org

Cara pertama menggunakan bantuan sebuah tools Ip Logger yang disediakan oleh IPLogger.org. Cara kerja tools yang disediakan oleh situs ini sangat mudah untuk dipahami.

Anda hanya diminta untuk memendekan sebuah link, lalu link yang sudah dipendekkan tadi dikirimkan kepada target.

Ketika target membuka link tersebut maka secara otomatis IP nya akan masuk dan tercatat di dalam database yang bisa diakses sepenuhnya oleh Anda.

Silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:
  • Silahkan buka situs IPLogger dengan alamat: https://iplogger.org.
  • Setelah terbuka, langsung saja masukkan link yang akan dipendekkan (di contoh ini Saya memasukkan google.com) lalu pilih SHORTEN.
  • Di tahap ini silahkan copy link yang Saya beri tanda merah lalu kirimkan kepada target dan minta untuk membukanya. Anda bisa mengirimkan link ini melalui WhatsApp atau media sosial lain.
  • Setelah memastikan link dibuka oleh target silahkan buka menu Logged IP's dan Anda akan mendapatkan data lengkap di pengakses termasuk alamat IP.

Tak hanya mendapatkan data alamat IP saja, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai jaringan seluler yang digunakan, negara pengakses, browser yang digunakan bahkan hingga lokasi di map.

Namun untuk lokasi agak kurang akurat, Anda bisa mengambil data IP nya saja untuk kemudian di track menggunakan tools lain.

2. Cara Mengetahui IP Address Orang Lain Melalui Situs Grabify.link

Secara cara kerja Grabify sama saja dengan IPLogger, situs ini bisa menjadi alternatif bagi Anda jika sewaktu-waktu IPLogger down atau tidak bisa diakses.

Di situs ini Anda juga diminta untuk memendekkan link kemudian dibagikan kepada target, ketika target membuka link maka IPnya akan tercatat.

Bagaimana caranya? Silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:
  • Silahkan buka situs Grabify dengan alamat: https://grabify.link.
  • Masukkan link yang akan dipendekkan (di contoh ini Saya memasukkan Google.com lalu pilih Create Url.
  • Pilih I Agree & Creat URL.
  • Anda diminta untuk melewati verifikasi CAPTCHA.
  • Di tahap ini silahkan bagikan link yang sudah dipendekkan kepada target dan minta dia untuk membukanya.
  • Nah, jika target sudah membuka link tadi silahkan scroll ke bawah ke bagian RESULT. Anda akan mendapatkan data lengkap di pengakses link termasuk IP Addressnya.

Jika result belum menunjukkan data apapun maka pastikan target sudah membuka link, atau bisa juga dengan merefresh halaman untuk mendapatkan hasil terbaru.

3. Cara Mengetahui IP Address Orang Lain dengan Termux

Metode ketiga ini menggunakan aplikasi serbaguna yakni Termux, cara ini relatif lebih mudah untuk dilakukan.

Terlebih jika Anda berencana untuk melacak lokasi dengan aplikasi Termux juga, jadi akan jauh lebih efektif.

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Termux. Jika belum, silahkan download terlebih dahulu melalui link di bawah ini:
Sudah? Jika sudah silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:
  • Pertama, silahkan kirimkan chat kepada target melalui WhatsApp. Anda bisa mengirim pesan text biasa atau mengirim gambar.
  • Setelah pesan terbaca, buka aplikasi Termux lalu masukkan perintah netstat - an
  • Akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

Yang Saya beri dengan tanda kotak merah di atas adalah daftar IP Address pengguna WhatsApp yang Anda kirimkan chat lengkap dengan portnya juga.

Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai cara mengetahui IP Address orang lain.