Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mendapatkan Banyak Pembaca di Wattpad

Khususnya pemula, salah satu hal yang paling memusingkan adalah ketika mencari cara agar cerita atau novel yang sudah dibuat di Wattpad banyak dibaca orang.

Ada banyak hal memang yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan dan terus meningkatkan jumlah pembaca atau reader.

Salah satu hal yang paling umum dilakukan adalah mempromosikan konten ke sosial media, namun ini hanya salah satu cara saja dan kurang efektif jika akun sosial media nya minim followers.

Lantas, apa sebenarnya kunci untuk menarik para pembaca di Wattpad? Harus membuat cerita seperti apa agar bisa memperoleh perhatian dari banyak pengguna?

Cara Mendapatkan Banyak Pembaca di Wattpad dengan Cepat


Berikut ini 10 cara mendapatkan banyak pembaca di Wattpad:

1. Gunakan Cover yang Berkualitas

Istilah Dont judge book by its cover pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, namun faktanya istilah ini tidak selamanya harus diikuti.

Salah satu hal yang bisa memikat orang untuk membaca cerita yang sudah Anda buat adalah dengan membuat cover yang berkualitas.

Melalui cover Anda akan bisa memikat orang, memancing rasa penasaran orang lain untuk membaca cerita Anda.

Lantas bagaimana cara membuat cover yang bagus dan menarik? Anda bisa mengikuti tutorial yang sudah Saya bahas di artikel ini:
Cara Membuat Cover Wattpad yang Bagus dan Menarik

2. Buat Judul yang Memancing Rasa Penasaran

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar bisa membuat judul cerita yang memancing rasa penasaran calon pembaca, apa saja?
  • Buat judul mengikuti hal yang sedang viral atau trending.
  • Adaptasi Judul Cerita Populer.
  • Buat judul yang memancing kontroversi.
  • Buat judul yang mudah diingat.
  • Pastikan judul sesuai dengan isi cerita.
Nah, dengan beberapa tips di atas akan bisa membuat judul yang unik serta bisa memancing calon pembaca untuk membaca cerita Anda.

3. Buat Prolog yang Bagus

Selain cover dan judul, prolog menjadi salah satu bagian penting yang akan memberikan first impression terhadap calon pembaca.

Dengan prolog yang bagus, runut, dan jelas akan bisa membuat calon pembaca benar-benar ingin membaca cerita Anda.

Jika Anda asal membuat prolog dan tidak jelas maka kemungkinan calon pembaca akan pergi, mereka beranggapan keseluruhan isi cerita tidak menarik karena bagian pembukanya saja sudah tidak jelas.

4. Buat Cerita dengan Format Penulisan yang Nyaman

Salah satu trik agar bisa membuat pembaca nyaman adalah dengan membuat paragraf pendek. Jika Anda menulis dengan paragraf yang panjang dan rapat, pembaca akan cepat bosan.

Saya menyarankan agar Anda menulis dengan satu atau dua kalimat saja dalam satu paragraf, dengan begini pembaca akan mau terus membaca tanpa cepat merasa bosan.

5. Buat Cerita dengan Beberapa Part

Membuat cerita dengan banyak part juga merupakan salah satu trik ampuh untuk meningkatkan jumlah pembaca. Hal ini berkaitan dengan membentuk rasa penasaran pembaca.

Menulis cerita dengan banyak part juga akan membuat imajinasi Anda tidak cepat lelah, Anda tetap bisa menyuguhkan cerita dengan yang menarik di setiap partnya.

Jika setiap part bisa Anda buat dengan menarik maka pembaca pun akan selalu haus dan penasaran dengan part selanjutnya.

6. Promosikan Melalui Sosial Media

Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih ketika ingin mempromosikan cerita Wattpad ke sosial media.

Banyak pemula yang asal share saja, akibatnya tidak membuahkan hasil yang maksimal dan hanya membuatng tenaga saja.

Nah berikut ini beberapa metode yang bisa Anda lakukan:

Bergabung dengan Forum Para Pembaca

Minat baca orang Indonesia bisa dikatakan sangat minim, jadi jika Anda membagikan cerita secara random maka kemungkinan mendapatkan banyak pembaca akan sangat kecil.

Nah, salah satu cara menemukan orang dengan minat baca yang tinggi adalah bergabung dengan forum. Anda bisa bergabung dengan forum pembaca di Facebook, Telegram, WhatsApp atau yang lainnya.

Cari dan Bergabung dengan Circle Kutu Buku

Tujuannya masih sama dengan poin pertama, yakni agar Anda membagikan cerita kepada orang yang tepat.

Misalnya Anda ingin membagikan cerita melalui akun Facebook, maka Anda bisa mengusahakan agar pengguna yang menjadi teman di akun Facebook Anda adalah para kutu buku.

Buat Fanspage

Ini akan efektif dilakukan jika Anda sudah memiliki personal branding, sudah dikenal oleh banyak orang.

Jika Anda sudah memiliki personal branding maka akan bisa dengan mudah mendapatkan pengikut di Fanspage yang dibuat. 

Jika pengikut sudah banyak, Anda tidak hanya akan mendapatkan pembaca saja. Namun orang juga akan dengan sukarela membagikan cerita Anda.

Ini juga berlaku untuk platform lain, misalnya Instagram, Twitter.

7. Buat Sinopsis yang Memikat

Ini berkaitan dengan teknik promosi agar berhasil mendapatkan banyak pembaca, membuat sinopsis yang epic wajib Anda lakukan.

Jadi, misalnya Anda membagikan cerita ke sebuah forum. Maka harus disertai dengan sinopsis cerita Anda, jadi jangan hanya membagikan link saja.

Buat sinopsis yang bisa memunculkan rasa penasaran calon pembaca. Dengan kombinasi cover, judul dan sinopsis yang bagus maka mendatangkan pembaca bukan hal yang sulit.

8. Bangun Personal Branding

Dengan personal branding Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk bisa mendapatkan banyak pembaca. Bahkan Anda tidak melakukan promosi apapun orang akan berbondong-bondong membaca cerita Anda.

Namun, untuk membagung personal branding tidak semudah yang Anda pikir. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dan usaha yang tidak sedikit.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan aktif di sebuah forum, Anda bisa aktif berbagi tips, berbagi pengetahuan dan lain sebagainya.

Dengan begini maka secara perlahan Anda akan mulai dikenal orang banyak.

9. Rutin Melakukan Update

Rutin melakukan update maksudnya adalah rutin menulis, terlebih jika cerita Anda terdiri dari banyak part maka harus benar-benar rutin menulis.

Jika Anda sangat jarang update maka kemungkinan orang akan malas membaca cerita Anda, bahkan yang sudah menjadi pembaca setia pun bisa saja kabur.

10. Berinteraksi dengan Pengguna Lain

Poin terakhir ini berkaitan dengan personal branding...

Maksud berinteraksi misalnya Anda memberikan vote atau berkomentar di cerita yang dibuat oleh pengguna lain.

Dengan begini maka pengguna lain kemungkinan besar juga akan membaca cerita Anda dan melakukan hal yang sama.

Selain itu, kolom komentar juga bisa Anda jadikan sebagai media promosi dengan memberikan komentar yang bagus dan unik.

Akhir Kata

Untuk bisa mendapatkan banyak pembaca di Wattpad memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, tetap membutuhkan waktu dan konsistensi.

Namun, dengan pembahasan di atas Anda akan melakukan semuanya dengan benar sehingga usaha yang dilakukan untuk mendapatkan pembaca tidak sia-sia.

Jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai cara mendapatkan banyak pembaca di Wattpad.