Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik


YouTube bisa dibilang adalah salah satu situs, aplikasi, dan platform yang berkembang dengan sangat pesat. Dalam beberapa tahun ke belakang, semakin banyak orang yang mencari tahu, membuat, atau hanya menonton konten YouTube.

Hal ini dengan semakin majunya teknologi video untuk bisa dinikmati. Orang bisa dengan mudah menonton video di YouTube lewat smartphone, laptop, tablet, atau bahkan komputer desktopnya. Menjadikan video sebagai salah satu media untuk menyampaikan pesan yang terbaik.

Tidak berhenti di sana, YouTube juga digemari banyak orang, terutama konten kreator karena memang memberikan sebuah bisnis baru yang menjanjikan. Profesi baru pun lahir, YouTubers sekarang merupakan istilah bagi mereka yang senang membuat konten video untuk diunggah ke YouTube, dan mengambil penghasilan dari sana.

Ada banyak tips yang perlu diperhatikan sebagai YouTubers, mereka harus membuat konten yang menarik, berinteraksi dengan subscriber, dan yang paling penting adalah membuat thumbnail YouTube yang menarik sehingga penonton ingin mengklik dan menonton video yang sudah dibuat.

Thumbnail sendiri penting karena merupakan sebuah hal yang tidak boleh dianggap sepele. Dengan thumbnail yang baik, maka views video YouTube juga akan naik. Thumbnail YouTube yang buruk akan membuat orang malas untuk menonton.

Untuk itu, berikut ini adalah tips membuat thumbnail YouTube yang sangat menarik.

1. Gunakan Ukuran yang Tepat

Jangan sampai thumbnail yang sudah dibuat malah terpotong atau pecah ketika video diposting. Maka dari itu, kita harus membuat thumbnail dengan ukuran yang tepat. Menurut panduan dari YouTube, gambar harus berukuran 1280 x 720 pixel, dengan ukuran panjang minimal 640 pixel. Rasio aspek yang tepat untuk thumbnail adalah 16:9 yang bisa digunakan untuk preview.

Walaupun dalam pencarian thumbnail terlihat kecil, jangan lupa bahwa video kita bisa di-embed ke blog atau website lain. Karenanya, jangan sampai menggunakan gambar dengan resolusi rendah. Karena akan pecah.

2. Gunakan Foto sebagai Background Thumbnail

Gunakan foto di dalam video untuk background thumbnail. Gambar ini bisa berfungsi sebagai gambaran untuk para penonton atau subscriber akan video apa yang akan mereka lihat. Jangan lupa menggunakan foto yang lucu, menarik, atau memang menonjolkan hal dalam video.

3. Masukkan Judul dalam Thumbnail

Kita bisa menuliskan sebagian judul video di dalam thumbnail. Hal ini karena kebanyakan orang lebih senang membaca apa yang ada di dalam gambar daripada yang di luar gambar. Karena itu, jangan sampai terlewat untuk menuliskan judul juga di dalam thumbnail.

Hanya saja, jangan sampai tulisan kita menutupi background dan malah mendominasi thumbnail. Ingat bahwa ini hanyalah pelengkap. Karenanya, pastikan foto yang sebelumnya dipilih tetap menonjol.

4. Gunakan Font yang Mudah Terbaca

Jangan gunakan font yang sulit untuk dibaca. Hal ini karena akan menyulitkan para penonton dan subscribers untuk membaca thumbnail. Ingat, mereka akan membaca thumbnail dalam ukuran yang kecil. Maka dari itu, pastikan tulisan mudah untuk dibaca.

5. Gunakan Situs atau Aplikasi Desain yang Tepat

Canva adalah salah satu situs dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat thumbnail dengan mudah. Kita hanya tinggal menentukan ukuran, memilih template, mengupload gambar, menuliskan judul, mengatur beragam elemen lain, dan mengunduhnya sebelum kita menggunakannya di dalam video.

Semua ini bisa dibuat dengan gratis. Tidak perlu kemampuan desain pula untuk membuatnya. Hanya perlu melakukan drag-and-drop saja. Canva juga dilengkapi dengan banyak pilihan template dan font yang bisa digunakan untuk beragam thumbnail video.

Jaidi begitulah pembahasan kali ini mengenai 5 tips membuat thhumbnail video YouTube yang menarik.