Rekomendasi 5 Aplikasi Pengatur Keuangan Usaha

Anda yang memiliki usaha tentu sudah memahami bahwa keuangan usaha sebaiknya dibuat terpisah dengan keuangan pribadi.

Tujuannya adalah untuk mempermudah pengelolaan keuangan dan pembukuan menjadi lebih jelas.

Untuk lebih mempermudah Anda dalam mengelola keuangan usaha, sebaiknya gunakan aplikasi yang akan direkomendasikan seperti dilansir melalui laman https://bukuwarung.com/aplikasi-pengatur-keuangan/ berikut ini:

Daftar Aplikasi Pengatur Keuangan Usaha Terbaik

1. BukuWarung


Rekomendasi yang pertama datang dari aplikasi BukuWarung. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini memang ditujukan khusus untuk pembukuan di warung-warung kecil. Namun pada praktiknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk pembukuan di jenis usaha apa pun.

Developer BukuWarung sangat memahami bahwa tidak semua pemilik usaha kecil sudah akrab dengan teknologi smartphone. Oleh karena itu, tampilan aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin untuk memudahkan para pemakainya.

Dilihat tampilannya memang sederhana, tapi siapa sangka jika aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang lengkap dan nyaris sempurna untuk pembukuan. Ada menu untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, catatan utang, pengirim pesan pengingat utang otomatis, dan masih banyak lagi.

2. Lunasbos


Jika Anda menjalankan sebuah bisnis yang menawarkan sistem pembayaran secara kredit atau cicilan, Lunasbos dapat membantu. Aplikasi yang satu ini ditujukan untuk melakukan pencatatan hutang piutang secara dua arah.

Pihak yang memiliki piutang (kreditur/penjual) dan pihak yang memiliki utang (debitur/pembeli) harus sama-sama menginstall aplikasi Lunasbos di ponsel masing-masing. Kemudian catatan utang antara kedua belah pihak pun disinkronasi.

Dengan sistem ini, tidak ada lagi kasus salah mencatat utang atau lupa nominal yang harus dilunasi. Aplikasi Lunasbos juga dapat mengirimkan pesan untuk melunasi utang kepada debitur secara gratis dan otomatis.

3. Catatan Keuangan Harian


Aplikasi Catatan Keuangan Harian ini lebih ditujukan untuk mengelola keuangan sehari-hari. Namun bisa juga untuk mencatat pembukuan keuangan usaha. Aplikasi yang memiliki tampilan sederhana juga dilengkapi dengan fitur-fitur dasar pembukuan.

Anda dapat memodifikasi kategori pemasukan dan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan usaha. Untuk melakukan pencatatan, Anda hanya perlu memasukkan data berupa tanggal, memilih kategori, menuliskan nominal, dan keterangan.

Setelah itu, data akan otomatis masuk ke dalam sistem aplikasi dan dikalkulasikan dengan data yang sudah ada sebelumnya. Untuk output, aplikasi Catatan Keuangan Harian menyediakan opsi untuk mengekspor data ke file spreadsheet.

Keamanan aplikasi ini pun terjaga karena sudah dilindungi dengan PIN. Sayangnya, Catatan Keuangan Harian masih belum terkoneksi langsung dengan cloud database. Hal ini menyebabkan data rawan hilang jika aplikasi terhapus.

4. Finansialku


Aplikasi pengatur keuangan usaha yang keempat adalah Finansialku. Aplikasi sebenarnya menawarkan biaya langganan sebesar Rp 350.000 untuk satu tahun dengan fitur-fitur premium sudah termasuk di dalamnya.

Sebagai percobaan, Finansialku memberikan akses premium gratis kepada pengguna baru pada 30 hari pertama. Selanjutnya, pengguna akan ditawari untuk upgrade ke premium atau menggunakan fitur yang sangat mendasar saja.

Finansialku lebih menekankan kepada perencanaan keuangan di masa mendatang alih-alih pembukuan biasa. Anda bisa tanya jawab langsung dengan konsultan keuangan di dalam aplikasi ini.

5. Moneylover


Moneylover memiliki fitur yang sangat mirip dengan Catatan Keuangan Harian. Aplikasi pengatur keuangan ini juga bisa digunakan untuk pribadi maupun bisnis. Beberapa fitur unggulan yang dimilikinya antara lain catatan keuangan, grafik, pencatatan utang piutang, dan scan kuitansi.

Apabila Anda berlangganan fitur premium, Moneylover dapat disambungkan langsung dengan rekening bank.

Setiap transaksi yang terjadi pada rekening tersebut akan otomatis direkam oleh Moneylover. Aplikasi ini juga dapat membuat laporan otomatis dan menghasilkan file berupa Excel atau CSV.

Dari kelima aplikasi di atas, yang paling memungkinkan untuk dipakai dalam usaha adalah BukuWarung. Apalagi untuk Anda yang memiliki beberapa usaha sekaligus, pembukuannya dapat dilakukan dengan satu aplikasi saja dan dibuat berbeda akun.