Kelebihan dan Kekurangan Google Form (Ulasan Lengkap)

Google Form bisa dikatakan sebagai pilihan terbaik saat ini sebagai media pengumpulan data, bagi Anda yang ingin menggunakan layanan ini ada baiknya menyimak kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Terlebih di masa pandemi saat ini, Google Form banyak dimanfaatkan untuk melakukan penilaian online dalam pembelajaran.

Lantas dibandingkan dengan layanan lain seperti Quizz misalnya, apakah layanan resmi dari Google ini lebih unggul? Simak pembahasannya di bawah ini.

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Google Form yang Harus Anda Tahu

Google Form sendiri sebenarnya merupakan anak layanan dari Google Drive, jadi jika Anda ingin menggunakannya harus login dengan akun GDrive terlebih dahulu.

Nah, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya nanti Anda bisa menentukan kira-kira Google Form ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan atau tidak.

Jika ternyata sudah cukup maka bisa menggunakannya, namun jika tidak maka Anda bisa menggunakan layanan lain yang serupa namun lebih unggul.

Fungsi Google Form

Gampangnya, Google Form adalah sebuah layanan yang dihadirkan Google untuk mempermudah pengguna dalam pengumpulan data secara online. 

Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagai hal dengan tujuan utama tentunya untuk mengumpulkan data dari responden.

Fitur Google Form

Salah satu alasan kenapa layanan ini banyak digunakan adalah karena banyak fitur yang disediakan. Ya meskipun bagi sebagian kalangan fiturnya dianggap masih sangat terbatas.

Apa saja fitur yang disediakan? 
  • Membuat formulir kontak.
  • Membuat formulir pendaftaran.
  • Membuat formulir chart/order.
  • Membuat survey atau kuesioner.
  • dll...
Jika Anda ingin menggunakan layanan ini untuk keperluan pembelajaran, menurut Saya fitur yang disediakan sudah lebih dari cukup.

Kelebihan

Selain tersedia banyak fitur Google Form juga memiliki beberapa kelebihan lain, berikut ini diantaranya:

1. Banyak Pilihan Tema

Banyaknya pilihan tema akan membuat apapun yang Anda buat menggunakan Google Form terlihat lebih variatif dan tentunya tidak membosankan.

Bayangkan saja misalnya setiap hari Anda meminta murid untuk mengisi kuesioner melalui Google Form dengan tema yang sama.

Murid akan merasa jenuh pastinya...

Nah untuk meminimalisir jenuh tersebut Anda bisa membuat kuesioner dengan tema yang berbeda setiap harinya.

2. Penggunaannya Sangat Mudah

Google Form bisa digunakan oleh semua orang, baik yang gaptek maupun yang paham teknologi.

Ini karena fitur-fitur yang disediakan memang sangat mudah dalam penggunaanya, istilah kerennya tinggal drag and drop.

Selain itu, layanan ini sudah 100% mobile friendly yang artinya semua fitur bisa digunakan dengan mudah melalui smartphone.

3. 100% Gratis

Ada beberapa layanan yang secara fungsi dan fitur sama dengan Google Form, namun umumnya mereka menyediakan dua versi yakni gratisan dan premium.

Pengguna diminta untuk menggunakan versi premium jika ingin menggunakan keseluruhan fitur.

Nah, Google Form bisa digunakan sepenuhnya secara gratis. Semua fitur bisa Anda gunakan tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

4. Sangat Ringan Ketika Dijalankan

Sangking ringannya bahkan Google Form ini bisa digunakan secara lancar di perangkat yang spesifikasinya sangat kentang.

Tentu ini tidak lepas dari mobile friendly tadi.

5. Bisa Diintegrasikan dengan SpreadSheets

Hasil pengumpulan data yang didapatkan dari Google Form bisa Anda pindahkan atau convert ke SpreadSheet untuk kemudian diolah.

Ini tentu sangat memudahkan dalam proses pengolahan data, bayangkan saja jika Anda harus melakukan penginputan secara manual.

6. Easy to Share

Apapun yang Anda buat menggunakan Google Form bisa dengan mudah dibagikan kepada responden melalui link.

Dulu, sebelum ada layanan ini Anda harus mengirimkan kuesioner dalam bentuk file kepada masing-masing responden. Sangat ribet bukan?

Kekurangan

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, layanan besutan Google Ini pun tidak luput dari kekurangan.

Meskipun sebenarnya kekurangan ini mungkin tidak terlalu merepotkan jika pemanfaatan yang Anda lakukan sederhana.

1. Harus Terkoneksi Internet

Google Form hanya bisa digunakan secara online, jika Anda tidak terkoneksi dengan internet maka tidak akan bisa menggunakannya.

Bahkan ini seringkali menjadi masalah ketika responden melakukan pengisian data. Karena koneksi yang tidak stabil terkadang data yang sudah diinput tiba-tiba ter-refresh sendiri.

2. Tidak Bisa Diintegrasikan dengan Platform Lain

Maksudnya, layanan ini tidak bisa digunakan secara langsung di platform lain. Misalnya saja seperti di forum atau sosial media.

Jadi responden memang harus membuka melalui link, tidak bisa melakukan pengisian data melalui platform lain misalnya saja seperti Facebook.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan, untuk menentukan Google Form worth it atau tidak tentu bergantung pada kebutuhan Anda.

Jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Gogle Form.