Cara Mengcopy File yang Berukuran Besar ke Flashdisk

Flashdisk saat ini masih jadi media penyimpanan yang sering digunakan banyak orang meskipun keberadaan nya mulai tersaingi oleh penyimpanan cloud atau online seperti google drive, Facebook, blog, line dan media sejenis lain nya.

Flashdisk masih banyak peminat nya sampai sekarang mungkin karena bentuk nya yang kecil dan simple jadi tidak ribet untuk di gunakan serta di bawa kemana saja tanpa menggunakan data internet.

Untuk orang –orang yang setiap hari nya bertemu dan berurusan dengan komputer pasti pernah melakukan copy file ke sebuah flashdisk dari ukuran file kecil sampai berukuran besar bahkan sampai berukuran di atas 4 GB.

Sering kali file yang berukuran lebih dari 4 GB sulit atau tidak bisa di copy ke flashdisk, biasa nya muncullah sebuah jendela yang bertuliskan is too large for the destination file system, seperti pada gambar di bawah ini:


Hal ini terjadi karena Anda menyalin satu file yang memiliki size lebih dari 4 GB dan jika file berukuran di bawah dari 4 GB tidak akan menimbulkan error atau masalah karena tidak mempengaruhi dengan OS / operation system nya.

Terkadang ketika ingin mengcopy sebuah file ke flashdisk yang berukuran besar selalu mengalami kendala kesulitan dan pada akhir nya tidak bisa mengcopy file tersebut dan banyak sekali orang lebih memilih jalan keluar yaitu solusi nya membeli baru flashdisk berharap agar proses copy file berjalan dengan lancar.

Namun, meskipun kapasitas flashdisk lebih besar dari pada file yang akan di copy terkadang tetap sulit untuk di copy jika file itu berukuran lebih dari 4 GB dan selain itu ruang kosong nya pun masih ada tersedia tetap saja sulit untuk melakukan copy file ke flashdisk.

Sebenarnya hal ini sangat normal terjadi asalkan tidak ada pesan error seperti write protected. Jika mengalami write protected kita harus mengatasi flashdisk write protected terlebih dahulu.

Nah dalam kondisi seperti ini biasa nya si pemilik flashdisk merasa kebingungan kenapa bisa terjadi seperti ini, benar – benar tidak bisa sama sekali untuk di copy ke flashdisk.

Semakin besar ukuran file yang akan di copy semakin banyak memakan waktu yang di butuhkan untuk mengcopy sebuah file tersebut ke flashdisk padahal kadang kala kita tidak punya waktu untuk menunggu berlama – lama hanya untuk copy file saja.

Untuk itu perlu suatu cara untuk mempercepat kinerja mengcopy file besar supaya urusan nya pun cepat beres dan terselesaikan.

Cara Copy File Besar ke Flashdisk

Semua pasti ada solusi nya yang tepat hanya saja kita terlalu panik karena melihat kondisi file tidak dapat di copy seakan menyimpulkan bahwa flashdisk tersebut error atau mengalami kerusakan. 

Kini tidak perlu lagi panik dan menunggu waktu yang lama untuk mengcopy file ke flashdisk. Berikut cara copy file besar ke flashdisk:
  • Buka aplikasi winrar.
  • Klik kanan pada explorer lalu pilih menu winrar muncul lah beberapa menu pilihlah menu yang bertulis “add to archive”.
  • Ganti bagian split volume size, Setelah klik yang bertulisan “add to archive” muncul lah sebuah jendela archive name and parameters kemudian pilih menu split to volume size klik lalu muncul lagi beberapa pilihan, rubah ke 5 /100 / 700 MB lalu klik OK.
  • Ketika sudah klik OK pada bagian split volume size maka otomatis akan keluar tampilan proses compress. Pada tampilan ini tunggu proses driver pack dan procced nya selesai.
  • Jika proses selesai hasil compress tersebut membentuk file yang terpisah dan terdapat beberapa bagian.
  • Copy file ke flashdisk. Apabila sudah ada terdapat beberapa bagian silahkan pilih pada file yang ingin segera di copy lalu klik kanan pilih pada menu copy dan otomatis semua file akan tercopy ke flashdisk.

Berbicara mengenai media penyimpanan salah satu nya seperti flashdisk pasti hal yang melekat adalah file system yang di gunakan. 

Perhatikan saja saat kita melakukan format pasti di minta menentukan file system yang akan di gunakan, nah itu lah permasalahan nya. Setiap flashdisk secara default di format dengan file system FAT 32, FAT 32 ini bukanlah file system yang bisa di katakan tangguh. 

Meskipun dalam beberapa hal FAT 32 masih di butuhkan seperti misalnya membuat bootable OS pada flashdisk yang mengharuskan kita menggunakan format system FAT 32. FAT 32 juga kompatibel dengan segala macam system operasi sehingga masih banyak flashdisk yang menggunakan nya.

Dikutip dari ITKoding.com, FAT 32 memang seperti nya banyak sekali kegunaan nya tetapi memiliki satu kekurangan yang nyata dari file system ini yaitu hanya bisa support file yang berukuran tidak lebih dari 4 GB, selebih nya tidak dapat menyimpan file lagi. 

Jadi, meskipun memiliki harddisk eksternal yang kapasitas nya besarpun tetapi kalau masih menggunakan file system FAT 32 maka tidak akan bisa menyimpan file berukuran yang tidak lebih dari 4 GB. Itu lah sebab nya tidak bisa mengcopy file ke dalam flashdisk. 

Tetapi jangan khawatir karena telah di jelaskan bagaimana cara nya agar bisa mengcopy file yang berukuran besar bahkan file yang berukuran lebih dari 4 GB. 

Apabila hendak menggunakan kembali file dari flashdisk tadi harus di extract terlebih dahulu agar file yang terpisah tadi kembali tergabung. Itulah cara copy file besar ke flashdisk.

Nah, jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai cara mengcopy file yang berukuran besar ke flashdisk.