8 Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu Android Paling Akurat

Salah satu cara untuk mengetahui judul lagu yang paling akurat melalui perangkat Android adalah dengan menggunakan aplikasi pendeteksi lagu, banyak yang belum mengetahui hal ini.

Dengan bantuan aplikasi penebak semacam ini akan sangat memudahkan Anda penikmat dan pencari musik.

Selain akurat, penggunaannya juga sangat mudah yakni hanya lewat suara ketika lagu dimainkan, melalui suara rekaman atau hanya menggunakan penggalan lirik saja.

Nah, di artikel ini Saya merekomendasikan 8 aplikasi terbaik yang bisa Anda coba.

Berikut ini 8 Aplikasi Pendeteksi Lagu dengan Akurasi Terbaik 

Pernahkah Anda mengalami kondisi dimana pada saat di tempat umum maupun disebuah ruangan, mendengar penggalan lagu yang enak didengar tetapi tidak mengetahui judul lagu tersebut?.

Hal ini tentunya akan membuat Anda penasaran dan mungkin akan terngiang-ngiang di kepala Anda.

Penasaran yang begitu tinggi membuat Anda ingin mencari lagu tersebut tetapi tidak mengetahui judul lagunya.

Aplikasi pendeteksi lagu bisa menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan menemukan judul lagu, penyanyi, maupun liriknya.

Ada berbagai macam aplikasi pendeteksi lagu dengan fitur-fitur yang mempermudah untuk menemukan sebuah lagu. 

Nah, kali ini Saya akan urutkan berdasarkan jumlah penggunanya:

1. MusicID

Dengan  ukuran yang hanya 31 mb saja, aplikasi ini digunakan lebih dari 500 ribu orang. Cara kerja dari aplikasi ini sangatlah mudah, Anda cukup mendekatkan handphone ke sumber suara maka secara otomatis judul lagu akan muncul.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan  fitur explorer yang dapat mendeteksi  judul lagu, penyanyi, maupun informasi album dari lagu tersebut.

2. Music Detector

Aplikasi yang berukuran 6.5 mb ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi dalam menampilkan hasil pencarian. 

Music Detector mampu mendeteksi judul lagu maupun artisnya dengan cepat dan akurat. 

Aplikasi rancangan music recognition ini memliki pengguna  lebih dari 1 juta orang  di dunia, yang dapat di download pada smartphone android maupun ios.

3. Genius

Genius adalah aplikasi yang mampu menampilkan lirik lagu dan pengetahuan tentang music yang terkait. Aplikasi yang berukuran 9,6 mb ini di download lebih dari 5 juta pengguna, dengan rating yang cukup bagus.

Kelebihan dari Genius yaitu dapat menampilkan hasil pencarian dengan video dan bisa langsung  Anda dengarkan setelah lagu yang dicari selesai.

4. Music Recognition

Dirancang oleh Beatfind, aplikasi ini mampu mengidentifikasi musik disekitar Anda dengan sangat sederhana dan mudah digunakan. 

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menjelajahi lagu, album, biografi artis maupun trek teratas dari artis lagu yang terkait.

Aplikasi yang berukuran 2,6 mb ini mampu menggaet pengguna lebih dari 5 juta orang dengan rating yang cukup tinggi

5. Google Assistant


Aplikasi yang sudah tidak bisa diragukan lagi kemampuannya dalam membantu penggunanya. Selain untuk menelepon, mencari, menemukan arah dan banyak lainnya, google assistant juga bisa digunakan untuk menemukan lagu dengan cepat dan mudah.

Anda cukup mengucapkan atau mengarahkan smartphone ke lagu yang Anda cari, maka dengan cepat lagu maupun artis akan ditampilkan. 

Digunakan lebih dari 50 juta orang ini, memiliki fitur  yang cukup bagus yaitu mampu menghubungkan link menuju platfom musik maupun youtube agar lagu yang Anda inginkan bisa langsung didengar.

6. Musixmatch

Aplikasi yang mampu menampilkan lirik lagu dari YouTube, Spotify, Pandora dan banyak lainnya. 

Aplikasi ini berukuran 18 mb dengan pengguna lebih dari 50 juta orang mempunyai tampilan yang cukup mudah digunakan.

Musixmatch dapat mendeteksi lagu dan menampilkan lirik, artis, maupun album dari lagu tersebut dengan mengusung user interface yang menarik dan ringan saat digunakan.

7. Shazam

Shazam akan mengidentifikasi lagu apa saja dengan cara mendekatkan smartphone Anda ke sumber suara secara online maupun offline.

Aplikasi yang berukuran 6,4 mb ini mampu menampilkan artis, lirik, video, dan daftar putar dengan cepat dan akurat. Sehingga telah digunakan lebih dari 100 juta orang. 

Aplikasi ini juga menjadi patokan untuk chart lagu yang baru keluar selain YouTube, Apple Music maupun Spotify.

8. Soundhound

Aplikasi pendeteksi lagu yang cukup populer dengan jumlah penggunanya lebih dari 300 juta orang. Soundhound adalah aplikasi penemuan musik yang bisa mendengar dan  mengenal lagu yang sedang diputar.

Soundhound dapat menampilkan lagu, video, maupun lirik lagu secara real time dengan ukuran 20 mb.
Aplikasi ini dikenal akurat dalam mencari sebuah lagu walaupun hanya dengan penggalan lirik saja.

Nah, jadi  begitulah pembahasan Saya tentang 8 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaru.