Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android

Perlukah aplikasi antivirus di hp Android? Jawabannya adalah Sangat perlu!

Faktanya, kini smartphone sudah menjadi target para hacker dengan bekal virus dan malware berbahaya, sebut saja yang sudah sangat umum digunakan yakni Trojan.

Terlebih jika ponsel telah di root, Anda sangat perlu menginstal aplikasi pembersih sekaligus pembunuh virus untuk menjamin keamanan perangkat.

Nah, jika Anda bingung memilih aplikasi antivirus Android mana yang paling bagus dan ampuh, di artikel ini Saya sudah membuat daftar rekomendasi terbaik untuk Anda.

Umumnya aplikasi semacam ini terdiri dari dua versi yakni gratis dan berbayar, jika Anda menginginkan aplikasi yang tanpa iklan maka bisa menggunakan yang versi berbayar.

Sangat disarankan juga agar Anda memilih aplikasi yang ringan, sebab bukan tidak mungkin jika salah pilih nantinya malah akan membebani kinerja perangkat.

Rekomendasi Aplikasi Antivirus Android Terbaik dan Paling Ampuh


Berikut ini rekomendasi aplikasi antivirus untuk Android yang terbaik dan paling ampuh lengkap dengan link downloadnya:

1. Avast Antivirus

Aplikasi Antivirus Android Tanpa Iklan

Jika berbicara mengenai antivirus, Saya yakin Anda sudah tidak asing dengan nama Avast. Tak hanya ada untuk versi Pc, kini Avast juga hadir untuk platform Android.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dengan total rating mencapai 4.7 dari 6 juta lebih ulasan.

Menggunakan versi gratisan saja menurut Saya sudah lebih dari cukup untuk memberikan proteksi perangkat. Selain antivirus, Anda juga bisa menikmati fitur app lock, VPN, penghemat daya dan lain sebagainya.

2. AVG Antivirus

Aplikasi Antivirus Gratis Android Tanpa Iklan

AVG Antivirus sangat handal untuk melindungi ponsel Android Anda dari berbagai serangan virus dan malware yang berbahaya.

Aplikasi ini akan selalu memindai dan memantau file yang tersimpan di perangkat Anda. Jadi ketika terindikasi ada virus, Anda akan langsung mendapatkan peringatan melalui notifikasi.

Yang lebih spesial, AVG Antivirus juga bisa digunakan untuk membersihkan file tidak berguna, mematikan aplikasi tidak berguna yang berjalan di latar belakang untuk meringankan kerja RAM.

3. Clean Master

Aplikasi Antivirus Dan Pembersih Android

Aplikasi satu ini bisa dikatakan menjadi aplikasi antivirus yang paling populer di kalangan pengguna Android, bahkan tak jarang menjadi aplikasi bawaan di smartphone.

Selain berfungsi sebagai antivirus, Clean Master juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan juga membersihkan file sampah.

Jadi selain terlindungi dari virus, bersih dari file yang tidak berguna, privasi Anda juga akan sangat terjaga jika menggunakan aplikasi ini.

4. Kaspersky Mobile Security


Satu lagi aplikasi antivirus yang merupakan penyesuaian dari versi pc, keampuhan Kaspersky dalam memberikan proteksi pada sebuah perangkat sudah tidak bisa diragukan lagi.

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa memindai secara Real-Time apakah ada virus baik yang berupa Malware, Trojan, Spyware dan lain sebagainya.

Tak hanya sebatas aplikasi antivirus, Kaspersky juga menghadirkan fitur berguna lain seperti untuk mencari keberadaan ponsel ketika hilang.

5. Malwarebytes Security


Sama seperti Kaspersky, Malwarebytes Security juga tersedia dalam dua versi yakni gratis dan premium.

Dengan versi gratisnya pun Anda sudah bisa melakukan scaning total untuk mencari keberadaan ataupun kemungkinan virus dan juga menghilangkannya.

Selain itu dengan Malwarebytes Security Anda juga bisa memonitor ijin akses sebuah aplikasi di perangkat. Meskipun Anda menggunakan versi gratis, fungsi utama aplikasi yakni sebagai antivirus tetap bisa dinikmati sepenuhnya.

6. ESET Antivirus


Dengan total lebih dari 10 juta unduhan dan rating 4.8 dari 600 ribu pengguna Saya rasa keampuhan ESET dalam membasmi virus sudah tidak bisa diragukan lagi.

Selain fitur utama sebagai antivirus, ESET juga memberikan fitur Anti-phising dan laporan keamanan yang sepenuhnya bisa digunakan secara gratis.

Selain itu, Anda juga berkesempatan menikmati fitur premium secara gratis selama 30 hari setelah Anda melakukan instalasi.

7. Safe Security


Aplikasi Safe Security sudah digunakan lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia, di Google Playstore aplikasi ini mendapatkan rating 4.6 dari lebih 6 juta ulasan.

Dengan desain antarmuka yang simpel dan intuitif membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan, berbagai fitur yang tersedia akan membuat perangkat Anda selalu bisa bekerja optimal dan aman.

Fitur scanning yang teliti jelas akan membuat segala hal yang membahayakan perangkat akan terdeteksi sejak dini, ada juga fitur pengunci aplikasi yang siap menjaga privasi Anda.

8. Avira Antivirus


Jika Anda mencari aplikasi antivirus yang ringan maka Avira Antivirus ini bisa menjadi pilihan yang tepat, dengan fitur booster aplikasi ini juga akan membuat kinerja perangkat menjadi maksimal.

Semua fitur pengamanan standar antivirus bisa Anda gunakan melalui aplikasi ini, mulai dari scanner, remover, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan jatah sebesar 100 mb untuk berselancar menggunakan VPN yang juga dimiliki oleh Avira Antivirus.

9. dfndr Security


Selain berfungsi sebagai aplikasi antivirus dan anti hacking, dfndr Security juga menawarkan banyak fitur lain di aplikasi verfi gratisnya.

Misalnya saja booster perangkat, pembersih file sampah, pengunci aplikasi, VPN dan masih banyak lainnya. Banyaknya fitur ini tentu juga akan membuat Anda menghemat space penyimpanan.

Cukup dengan satu aplikasi saja Anda sudah bisa mendapatkan banyak sekali fungsi, biasanya untuk fingsi atau fitur semacam ini masing-masing dimiliki oleh aplikasi yang berbeda.

10. Lookout

Serupa dengan aplikasi antivrus lain, Lookout menyuguhkan fitur scanning dan pembersih virus yang handal.

Ada juga fitur Find My Phone yang akan sangat membantu jika Anda kehilangan ponsel. Fitur ini akan membantu Anda menemukan keberadaan ponsel sekaligus mengamankan data di dalamnya.

Untuk versi premiumnya, ada lebih banyak lagi fitur yang bisa Anda nikmati. Misalnya VPN, saran keamanan dan lain sebagainya.

11. Norton Mobile Security


Norton Mobile Security sangat ampuh melindungi perangkat Android Anda dari virus, misalnya virus dari aplikasi tidak resmi, jaringan publik, website yang berisi malware dan lain sebagainya.

Anda juga diberi kesempatan untuk menikmati fitur premium selama 30 hari setelah melakukan instalasi.

Norton Mobile Security sudah digunakan lebih dari 10 juta pengguna yang tentunya menjadi bukti bahwa aplikasi ini memang bekerja dengan sangat baik.

Akhir Kata

Dalam memilih aplikasi antivirus sebaiknya sesuaikan saja dengan kebutuhan, jika Anda hanya menggunakan perangkat Android untuk hal yang tidak terlalu beresiko maka gunakan saja versi gratisan.

Namun jika Anda memang menggunakan ponsel untuk hal yang beresiko seperti sering menginstall aplikasi aneh maka Saya sarankan untuk menggunakan versi premium untuk perlindungan yang lebih maksimal.

Nah, jadi begitulah pembahasan kali ini mengenai rekomendasi aplikasi antivirus terbaik untuk Android.